Doa dimudahkan segala urusan

Doa dimudahkan segala urusan

nuansaislamiii - Setiap manusia memiliki urusan masing-masing dan masalah yang berbeda-beda, di setiap masalah-masalah yang dihadapi  pasti terdapat kemudahan dan kesulitan


Jika masalah yang sedang dihadapi itu sulit atau sukar sekali untuk diselesaikan hendaknya kita memohon kepada allah Swt untuk dimudahkan urusan" tersebut


Islam telah mengajarkan kepada umatnya agar selalu berusaha untuk menghadapi berbagai urusan bumi, akan tetapi bagaimana pun usahanya, setiap manusia tetap harus berdoa.


Karena Doa itu sebagai pelengkap dari usaha, agar apa yang kita upayakan berjalan lancar dan dimudahkan allah Swt. 


Dikutip dari berbagai hadist, Berikut ini adalah doa-doa yang dapat panjatkan kepada Allah Swt agar setiap urusan dimudahkan dan dijauhkan dari masalah-masalah.


Doa Ashabul Kahfi


Latinnya: "Rabbanā ãtinā milladunkarahmatata wahayyi lanā min amrinā rasyadāRabbanā ãtinā milladunkarahmatata wahayyi lanā min amrinā rasyadā"


Artinya: Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami. (Q.S Al Kahfi ayat 10)


Doa ini adalah salah satu dari ayat (Qs Al Kahfi), yakni ayat yang ke 10, Tafsir Al-Quranul Adzhim Ibnu Katsir menjelaskan bahwa doa ini dipanjatkan oleh 7 pemuda yang bersembunyi di dalam goa, setelah melarikan diri dari raja yang sangat kejam.


Doa kemudahan segala urusan yang diajarkan oleh Rasulullah saw


Latin: "Allahumma lã sahla illa mã ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna idzã syi’ta sahla"


Artinya: "Ya Allah, tiada suatu kemudahan kecuali Engkau jadikan mudah, dan Engkau yang menjadikan kesulitan, apabila Engkau menghendaki pasti akan menjadi mudah"


Doa ini terdapat didalam (RH.Ibnu Hibban) yang telah diajarkan Nabi muhammad Saw kepada Anas bin Malik, agar dimudahkan segala ursaan


Doa ketika Nabi Musa AS akan menghadapi Firaun


"Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii"


Artinya:


"Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku." (QS. Thaha ayat 25-28).


Doa ini juga dapat dipanjatkan untuk memohon kemudahan dalam segala urusan, doa ini terdapat dalam surah Thaha ayat 25-28


Doa Rasullullah ketika memohon pertolongan


Latin: "Ya hayyu yā qoyyūm birahmatika astaghītsu"


Artinya: Wahai Rabb Yang Maha Hidup, Yang Berdiri Sendiri, hanya dengan rahmat-Mu saja, aku meminta pertolongan.


Rasulullah membaca doa ini ketika beliau meminta pertolongan kepada allah Swt, Doa ini terdapat didalam (HR. Tirmidzi - 3524) dan Abu Thahir menjelaskan bahwa hadis ini sahih.


Doa memohon kemudahan Surah Al Baqarah ayat 286


latin: "Robbanā lā tuā khidznā innasīnā au akhtho’na, robbanā walā tahmil ‘alainā ishran kamā hamaltahuu ‘ala al ladziina min qoblinaa. Robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanaabih, wa’ fuannaa waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa ‘alal qaumilkaafiriin"


Artinya: "Wahai Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami apabila kami lupa atau kami salah. Wahai Rabb kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan (beban yang berat) kepada orang-orang sebelum kami. Wahai Rabb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup bagi kami untuk memikulnya. Maafkanlah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah adalah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir" 


Doa ini terdapat (Qs Al Baqarah ayat 286) yang dapat dipanjatkan kepada Allah SWT agar dimudahkan dan dilancarkan urusan.


Semoga dari doa-doa memohon kemudahan dan dilancarkan segala urusan di atas dapat bermanfaat,  Jika terdapat salah-salah kata saya mohon maaf sebesar-besar nya, Dan jika terdapat kebenaran diantaranya Itu semata-mata dari Allah Swt.

Belum ada Komentar untuk "Doa dimudahkan segala urusan"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Mohon Maaf, jika Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk, J*di, P*rn*,SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

mungkin anda juga suka