Sholat sunah tahajud lengkap dan keistimewaann

Sholat  sunah tahajud lengkap dan keistimewaannya


nuansaislamiii - Sholat tahajud adalah amalan sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasullullah kepada umatnya, Hal ini karena keutamaan sholat tahajud sangat luar biasa bagi setiap muslim. tak hanya itu sholat tahajud juga dianggap sebagai ibadah sholat sunnah yang paling istimewa


Telah disebutkan dalam Al-Quran bahwasanya dengan sholat tahajud, seseorang dapat diangkat ke tempat yang terpuji oleh Allah swt, bagi yang mengerjakannya.


Tata cara sholat tahajud yang benar yakni harus dikerjakan sesuai dengan sunah Rasullulah. sholat tahajud sendiri sebenarnya mirip dengan sholat pada umumnya, Hanya saja berbeda pada niat, waktu, dan jumlah rakaat yang dikerjakan.


WAKTU UNTUK SHOLAT TAHAJUD


Pelaksanaan Sholat tahajud disunahkan pada sepertiga malam. Sholat ini bisa dilakukan pada awal, pertengahan, atau akhir malam yang mana sebagai berikut;

  • Pertama dimulai setelah sholat isya sampai pukul 10.30 malam
  • Kedua dimulai dari 10.30 malam hingga 01.30 pagi
  • Ketiga dimulai dari 01.30 pagi hingga sebelum memasuki sholat subuh.

Waktu yang paling utama melakukan sholat tahajud adalah sepertiga malam dari 01.30 pagi hingga sebelum memasuki sholat subuh


Dari (HR. Bukhari) Rasulullah saw bersabda; "Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala akan turun setiap malamnya ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir, Lalu Allah swt berfirman; "Siapa yang memanjatkan do'a pada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya. Siapa yang memohon kepada-Ku, maka Aku akan memberinya. Siapa yang meminta ampun pada-Ku, Aku akan memberikan ampunan untuknya"(HR. Bukhari)


JUMLAH RAKAAT SHOLAT TAHAJUD


Sholat sunnah tahajud dikerjakan 2 rakaat, dengan jumlah rakaat tak terbatas. Namun menurut dari hadits (HR.Bukhari & Muslim), Rasulullah tidak pernah mengerjakan sholat tahajud lebih dari 11 rakaat (jumlah rakaatnya dan witir)


NIAT SHOLAT TAHAJUD


"Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'aalaa"


Yang artinya; "Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah Ta’ala"


Setelah selesai sholat tahajud disunahkan membaca wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar, lalu membaca doa sholat tahajud, Dari (HR. Bukhari & Muslim) Terdapat doa yang biasanya kerap dibacakan di bagian akhir. Doa ini berisi permintaan untuk mendapatkan keselamatan dan kepasrahan, Dan berikut ini doanya:


DOA SHOLAT TAHAJUD


LALTIN; "Allahuma lakal hamdu Anta nuurussamaawaati wal ardli wa man fiihinna. Walakal hamdu Anta qayyimussamaawaati wal ardli wa man fihinna. Walakal hamdu Anta rabbussamaawaati wal ardli wa man fiihinna. Walakal hamdu Anta mulkussamaawaati wal ardli wa man fiihinna. Walakal hamdu Anta malikussamaawaati wal ardli. Walakal hamdu, Antal haqqu wa wa'dukal haqqu, wa qaulukal haqqu, wa liqaa ukal haqqu. Waljannatu haqqun wannaru haqqun. Wannabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun haqqun, wassaa 'atu aqqun. Allahuma laka aslamtu. Wa 'alaika tawakkaltu, wabika aamantu, wa ilaika aanabtu, wabia khaashamtu. wa ilaika haakamtu. Faghfirlii maa qaddamu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a'lantu antal muqaddimu wa antal mu akhkhiru, laa ilaa ha illaa anta ilaihi laa ilaaha illa anta"


TERJEMAHAN; "Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya, bagi-mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya, bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya, bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-Nya, bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, surga adalah benar, neraka adalah benar ada, terutusnya para nabi adalah benar, terutusnya Muhammad adalah benar dari-Mu, peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakkal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali, dengan pertolongan-Mu aku berdebat dengan orang-orang kafir, kepada-Mu dan dengan ajaran-Mu aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang haq disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang disembah kecuali Engkau"


KEISTIMEWAAN SHOLAT TAHAJUD


Berikut ini adalah keistimewaan dari sholat tahajud yang dirangkum dari al-quran dan hadis


JEMBATAN UNTUK MASUK SURGA


Dari (HR. Ibnu Majah) Kepada Abdullah Ibnu Muslim Rasulullah Saw berkata; Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah sholat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.


AMALAN YANG AKAN MEMBANTU DI AKHIRAT


Dalam (QS. Az Zariyat ayat 15-18) yang artinya; "Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik di dunia, mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.”


MENGHAPUS DOSA DAN DIJAUHKAN DARI PENYAKIT


Dari (HR. Ahmad) yang berbunyi; "Biasakanlah dirimu untuk sholat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa."


MENJAGA KESEHATAN ROHANI


Allah Swt berfirman Dalam (QS. Al-Furqan Ayat 63-64) yang artinya; "Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu ialah orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka"


Semoga dari sepenggal penjelasan Sholat tahajud di atas, Dapat bermanfaat dan menambah keyakinan kepada sang kholiq. Jika terdapat salah-salah kata saya mohon maaf sebesar-besar nya, Dan jika terdapat kebenaran diantaranya, Itu karena semata-mata datang hanya dari Allah Swt.

Belum ada Komentar untuk "Sholat sunah tahajud lengkap dan keistimewaann"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Mohon Maaf, jika Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk, J*di, P*rn*,SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

mungkin anda juga suka