Meminta petunjuk dengan sholat istikharah

Meminta petunjuk dengan sholat istikharah


nuansaislamiii - Setiap manusia pasti pernah dilanda kebimbangan dalam memutuskan sesuatu dan agama Islam telah memberitahukan cara menghadapi kebimbangan tersebut, yakni untuk melakukan sholat istikharah meminta petunjuk kepada allah swt.


Shalat istikharah adalah sunah yang telah diajarkan Rasullulah kepada umatnya, Untuk memohon petunjuk dari Allah swt memutuskan suatu pilihan yang sulit.


Cara mengerjakan sholat istikharah sendiri (Dua Rakaat) dan tidaklah berbeda dengan shalat wajib (subuh) , hanya saja mempunyai niat dan bacaan surat pendek yang lebih diutamakan.


Niat salat istikharah


أصلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى


Ussholli sunnatan istikhoroti rak’ataini lillahi ta’ala


Yang artinya; Saya berniat sholat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala


Dari Syaikh Wahbah disunnahkan pada;

  • Rakaat 1, setelah membaca surat Al Fatihah membaca surat Al Kafirun. 
  • Rakaat 2, setelah membaca surat Al Fatihah membaca surat Al Ikhlas


Setelah selesai mengerjakan sholat istikharah yang diakhiri salam,  dianjurkan untuk membaca doa shalat istikharah, Dan dibawah ini adalah Doanya yang berbunyi; 


Doa setelah Sholat Istikharoh


Latinnya; "Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (Sebutkan permasalahan yang dihadapi) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii fii ‘aajili amri wa aajilih fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih"


yang artinya; "Ya Allah, sesungguhnya, aku memohon kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kemampuan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu dan aku memohon kepada-Mu dari anugerah-Mu yang Agung. Sesungguhnya, Engkau Mahakuasa sedang aku tidak kuasa, Engkau Mahatahu sedang aku tidak mengetahui, Engkaulah Dzat yang Maha Mengetahui perkara yang gaib.


Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (Sebutkan permasalahan yang dihadapi) kehidupanku, dan akhir urusanku, maka tentukanlah untukku, mudahkanlah jalannya dan berkahilah aku di dalamnya.


Dan apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini adalah buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku dan akhir urusanku, maka jauhkanlah ia dariku dan jauhkanlah diriku darinya, tentukanlah untukku apapun yang terbaik, kemudian jadikanlah aku ridha dengannya"


Setelah sholat istikharah, biasanya diri kita akan timbul rasa tenang dan kemantapan di hati untuk menentukan pilihan yang sulit.


Biasanya petunjuk yang didapat dari sholat istikhoroh adalah berupa mimpi, dengan isyarat dan makna simbol tertentu. 


Sholat Istikharah sendiri dapat dilakukan dua sampai tiga kali jika dirasa hati kita masih ada keraguan didalamnya.


Waktu Sholat istikharah sendiri dapat dilakukan kapan saja, boleh dilakukan pada saat pagi ,siang, sore, maupun malam, Namun ada dimna waktu yang lebih tepat untuk mengerjakan Sholat Istikharah, yakni untuk bertujuan agar lebih khusuk miminta petunjuk kepada allah swt dalam masalah yang sedang dihadapi.


Waktu yang tepat mengerjakan Sholat Isthikarah


  1. Sepertiga Malam Pertama, ketika masuk waktu setelah sholat Isya hingga pukul 22.00 malam.
  2. Sepertiga Malam Kedua pada pukul 22.00 malam hingga 01.00 dini hari.
  3. Sepertiga Malam Ketiga pada pukul 01.00 dini hari dan berakhir sebelum masuk waktu shalat subuh


Semoga dari sepenggal penjelasan cara sholat istikharah diatas dapat bermanfaat, Jika terdapat salah-salah kata saya mohon maaf sebesar-besar nya, Dan jika terdapat kebenaran diantaranya, Itu semata-mata hanya dari Allah Swt.

Belum ada Komentar untuk "Meminta petunjuk dengan sholat istikharah"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Mohon Maaf, jika Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk, J*di, P*rn*,SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

mungkin anda juga suka