Siapa imam mahdi pada akhir zaman

Siapa imam mahdi pada akhir zaman


nuansaislamiii - Menurut bahasa Al Mahdi yakni manusia yang diberi petunjuk, sedangkan didalam bidang kepemimpinan dan kenegaraan, Al Mahdi yakni pemimpin yang melaksanakan syariat Allah Swt,

Berlaku adil pada rakyat, dan tanpa membeda-bedakan


Jika kita lihat pemimpin yang adil berdasarkan makna Al mahdi, banyak sekali ditunjukan pemimpin adil yang diberi petunjuk oleh Allah swt. Pemimpin dengan kriteria seperti ini banyak ditemukan sepanjang sejarah.


Mereka semua dapat dikategorikan sebagai Al-Mahdi, Sebab mereka memimpin berdasarkan syariat Allah swt dan menegakkan keadilan di muka bumi, Akan tetapi yang dimaksudkan dalam pembahasan ini adalah Imam Mahdi yang keluar pada akhir zaman yang bersamaan dengan turunnya Isa Al Masih.


Imam Mahdi yang diberitakan Rasullullah akan muncul pada akhir zaman, nama nya sama dengan Beliau, yakni Muhammad. Begitu juga, nama ayahnya, serupa dengan nama ayah Rasullullah, yakni (Abdullah) Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah yang artinya;


"Seandainya dunia hanya tinggal sehari, Allah Swt pasti akan memanjangkan hari itu, sampai Allah mengutus seorang laki-laki dariku atau dari keluargaku yang namanya sama dengan namaku, dan nama ayahnya sama dengan nama ayahku." (HR. Ahmad)


Imam Mahdi yang akan datang pada akhir zaman yaitu seorang pria agung yang berperilaku dan berbudi pekerti seperti Rasulullah, Hal ini dijelaskan sebagaimana hadis dari (Ali bin Abi Thalib R.A) bahwa Rasulullah bersabda yang artinya;


"Imam Mahdi itu menyerupai Rasulullah dalam hal budi pekertinya. Tetapi tidak menyamai dalam bentuk rupa atau bentuk tubuhnya, yakni tidak serupa perihal sifat-sifat badaniyahnya." (HR. Abu Daud)


CIRI-CIRI IMAM MAHDI


Ciri-ciri imam mahdi sangat banyak sekali, tetapi diantara ciri-ciri yang paling menonjol Imam Mahdi yang akan datang pada akhir zaman yakni, Allah swt telah mempersiapkannya menjadi khalifah dan memimpin umat Islam pada akhir zaman.


Itu diberikan Allah Swt kepada (imam mahdi) dengan cara Allah memberinya kesalehan dalam semalam, Atau membenahi ihwal keagamaannya sehingga menjadi Imam Mahdi dalam semalam Sebagaimana Rasulullah bersabda yang artinya; "Imam Mahdi berasal dari keturunan kami, Ahlul Baiat Allah akan membenahi hal ihwalnya dalam satu malam" (HR. Imam Ahmad)


Adapun di antara ciri-ciri fisik yang delaskan di dalam hadis Yakni sebagaimana sabda Rasulullah yang artinya; "Imam Mahdi berasal dari keturunanku, berkening lebar, berhidung panjang, dan mancung." (HR. Abu Dawud dan Al-Hakim dari Abu Sa'id Al-Khudri)


Dalam riwayat lain Rasulullah bersabda yang artinya; "imam Mahdi berasal dari keluargaku dari anak Fathimah" (HR.Abu Dawud)


Dalam riwayat lain Rasulullah bersabda yang artinya; "Imam Mahdi adalah seorang lelaki dari keturunanku, wajahnya seperti bintang yang bercahaya terang "(HR. Nu'aim dari HudzaifahRA)


Dalam riwayat yang sama Rasulullah bersabda yang artinya; "Imam Mahdi adalah seorang lelaki dari keturunanku Warna kulitnya seperti warna kulit orang Arab dan fisiknya seperti fisk orang Israel (Abu Nu'aim dari Hudzaifah RA)


Rasulullah SAW juga bersabda yang artinya; "Hari Kiamat tidak akan terjadi sebelum seorang lelaki dari ahlul baitku memimpin Namanya sama dengan namaku." (HR. Ahmad)


Menurut Muslih Abdul Karim, Sabda Rasulullah di atas mengandung dua penafsiran Yakni; 

  • Sebelum menjadi Imam Mahdi, ia mempunyai beberapa kekurangan kecil, kemudian Allah Swt mengampuni dosa dosanya menunjukkan jalan yang lurus kemudian menurunkan ilham kepadanya.

  • Allah Swt memberinya kesiapan untuk menjadi khalifah Allah dan memimpin umat Islam dalam menghadapi huru-hara dan peperangan terakhir pada akhir zaman

Abdul Karim menambahkan bahwa ke Mahdiannya bukan merupakan usaha Muhammad bin Abdullah dan bukan pula merupakan permintaan darinya. 


Bahkan, ia sendiri sama sekali tidak mengetahui bahwa Allah Swt akan mengishiahnya dalam waktu satu malam, kemudian membaiatnya di Kabah, sedangkan ia sendiri tidak menyukai baiat itu.


KEPEMIMPINAN IMAM MAHDI


Imam Mahdi di saat menjadi pemimpin umat Islam pada akhir zaman Nabi Isa bin Maryam turun dari langit. Kemudian, keduanya sama-sama menjalankan syariat Nabi Muhammad SAW, memenuhi keadilan di muka bumi.


Kedudukan Imam Mahdi kelak Yakni berada di Negara Arab, tapi hukum pemerintahannya merata ke seluruh penjuru dunia, Adapun yang merumuskan pemerintahan Imam Mahdi di negara-negara selain Arab, seperti Indonesia, Amerika, australia dan lainnya hanya cukup diwakilkan kepada para ajudannya. 


Kelak nantinya pada akhir zaman Imam Mahdi memimpin, agama Islam akan menjadi mulia kembali, setelah dinistakan, Manusia yang Buruk perbuatannya akan mati, segala fitnah menjadi sirna, tidak ada gigolo dan pelacur, tidak ada riba, tidak ada orang yang minum arak, semua orang merasa tenteram dan damai, di semua tempat terjalin tali rasa persaudaraan, orang yang tadinya miskin bisa menjadi kaya, kehidupan manusia sangat bahagia dan sejahtera, serta murah sandang pangan, sampai-sampai tidak ada lagi yang mau menerima sedekah. 


Hal diatas didasarkan pada sabda Rasulullah yang artinya; "Imam Mahdi itu lebar dahinya,mancung hidungnya Seluruh isi bumi dipenuhi dengan kejujuran dan keadilan olehnya, sebagaimana yang sebelum itu penuh dengan kezaliman dan penganiayaan, Imam Mahdi menegakkan syariat Islam serta menghidup-hidupkan apa apa yang sudah tercecer dari sunah Rosululloh, Sejak itu islam menjadi jaya dan luhur kalimatnya yakni saat kekuasaan imam Mahdi tersebut sehingga dapatlah ditetapkan pemerintahannya diatas bumi"(HR. Abu Dawud)


Dalam Riwayat lain Rasulullah bersabda yang artinya; "imam Mahdi dikaruniai ketetapan Kekuasaan dan di masa pemerintahannya amat luaslah rezeki umat karena memang betul-betul berlaku adil dan banyak pula harta yang diberikan la menyebar nyebarkan harta itu dengan merata sekali, tanpa jumlah sama sekali" (HR. Imam Muslim)


Semoga dari penjelasan di atas, Dapat menambah pengetahuan dan keyakinan kita kepada sang kholiq. Jika terdapat salah-salah kata saya mohon maaf sebesar-besar nya, Dan jika terdapat kebenaran, Itu semata-mata datang nya hanya dari Allah Swt.


Belum ada Komentar untuk "Siapa imam mahdi pada akhir zaman"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Mohon Maaf, jika Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk, J*di, P*rn*,SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

mungkin anda juga suka