Kapan terjadinya kiamat

Kapan terjadinya kiamat


nuansaislamiii - Pasti sebagian orang pernah sempat bertanya-tanya, mengapa allah S.w.t merahasiakan kapan terjadi nya kiamat? tetapi pertanyaan sekarang yakni apakah Allah SWT benar-benar menyembunyikan waktu terjadinya kiamat? yang diketahui kiamat pasti benar-benar akan terjadi. Sebagai umat islam harus percaya dengan ada nya kiamat. 

Allah Swt telah memberitahukan didalam ayat Al-Qur'an, bahwa kiamat akan datang secara tiba-tiba, tanpa ada peringatan kepada manusia.


Allah SWT berfirman dalam (QS Az-Zukhruf ayat 66) yang artinya; "Mereka tidak menunggu kecuali kedatangan hari kiamat kepada mereka dengan tiba-tiba sedang mereka tidak menyadarinya"


Kapan terjadinya kiamat memang Hanya allah S.w.t yang mengetahui, Akan tetapi, bukan berarti allah Swt tidak menunjukan tanda-tanda atas kejadian, kedekatan dan kapan terjadinya kiamat itu.


Allah SWT berfirman (QS Al-A'raf ayat 187) yang artinya; 'Mereka bertanya kepadamu tentang kiamat, 'Kapan terjadinya?' Katakan, 'Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada Tuhanku. 


Tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu sangat (huru-hara) bagi yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba. 


Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah 'Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada sisi Allah, tetapikebanyakan manusia tidak mengetahui' 


Dahulu umat para nabi dan rasul pernah menanyakan kepada mereka tentang kiamat, kapan terjadinya?, pada zaman apa?, tahun berapa? bulan apa?, dan pada hari apa?


Dan semua para nabi dan rasul mengembalikan pengetahuannya kepada Allah S.w.t semata-mata karena hanya Allah Yang Maha Mengetahui waktunya dengan tepat dan pasti. 


Meskipun demikian, bukan berarti ayat-ayat tersebut bermakna harfiah, tanpa ada ilmu tentang zamannya. Jika dimaknai secara harfiah, lalu apa arti tanda-tanda dan syarat-syarat kiamat yang telah disebutkan dalam Al-Qur'an dan hadis?


Bisa saja seseorang mengatakan bahwa kiamat tidak akan terjadi dalam waktu lebih dari seratus ribu tahun atau dua ratus ribu tahun atau pada zaman tertentu dan seterusnya. 


Kita ketahui umur manusia di atas bumi ini pendek. Allah Swt menciptakan manusia tidak untuk hidup di bumi hingga beratus-ratus ribu atau berjuta-juta tahun.


Masa manusia, sejak zaman Nabi Adam as hingga sekarang, tidak lebih dari puluhan ribu tahun. Begitu banyak riwayat dan sejarah yang menguatkannya. Oleh karena itu, kita tidak mungkin mengatakan bahwa kiamat akan datang setelah sekian ribu tahun.


Sahl bin Sa'ad r.a meriwayatkan, nabi muhammad s.a.w bersabda; 'Aku diutus dan hari kiamat itu seperti ini, lalu beliau memberikan isyarat dengan jari telunjuknya dan yang jari tengahnya. (HR Bukhari dan Muslim)


Makna hadis ini adalah antara pengurusan Rasulullah saw dan hari kiamat merupakan zaman yang sangat dekat, seperti dekatnya jari telunjuk dan jari tengah. serta merupakan kiasan antara umur alam dan umur manusia yang berada di atas bumi.


Semoga dari sedikit penjelasan di atas, Dapat bermanfaat dan lebih menambah keyakinan kita kepada sang kholiq. Jika terdapat salah-salah kata saya mohon maaf sebesar-besar nya, Dan jika terdapat kebenaran, Itu semata-mata datang nya hanya dari Allah Swt.


Belum ada Komentar untuk "Kapan terjadinya kiamat"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Mohon Maaf, jika Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk, J*di, P*rn*,SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

mungkin anda juga suka