Apa itu kiamat dan Apa yang akan terjadi saat itu

Apa itu kiamat dan Apa yang akan terjadi saat itu

nuansaislamiii - Kiamat (Akhir zaman) Yakni peristiwa dahsyat yang nantinya pasti akan terjadi. kiamat adalah pemisah atau pembatas antara kehidupan dunia, atau hari yang mengakhiri zaman yang terbatas di kehidupan dunia.

kiamat (Akhir zaman) adalah perkara besar yang dijelaskan Allah s.w.t dalam Al-Qur'an dan Rasul-Nya dalam hadis, Kiamat menjadi perkara penting yang diperhatikan manusia dan selalu menjadi pertanyaan sepanjang masa.

Allah S.w.t tidak menurunkan kitab, rasul, dan nabi-Nya, kecuali untuk selalu memberi naungan peringatan kepada manusia tentang kiamat dan apa yang akan terjadi kelak pada hari itu. 

Telah di jelaskan Allah S.w.t dan Rasul-Nya, baik berupa ayat maupun hadis. manusia tidak bisa mengetahui tanda-tanda kiamat sekadar bagaimana yang diterangkan Allah S.w.t, mengenai hari kiamat yang akan terjadi, dan bagaimana dengan urusan seluruh Ciptaan-Nya. 

Allah S.w.t Maha kuasa atas ciptaan nya, untuk mematikan semua makhluk sebelum hari kiamat, kemudian membangkitkannya kembali dan mengangkatnya ke padang mahsyar, dimana itu adalah tempat perhitungan amal dan dosa di hadapan Allah SWT. tanpa melewati kiamat. 

Berdasarkan ayat didalam Al-Qur'an, maupun hadis nabi muhammad S.a.w, manusia dapat merenungkan dan mengetahui apa itu kiamat, sebabnya, dan apa yang akan terjadi pada saat itu. 

Allah Swt berfirman dalam (QS A-Syura: 18) 

Kebanyakan manusia mengira kiamat merupakan perkara remeh yang tidak melampaui batas bumi dan manusia yang hidup di atasnya. Oleh karena nya di masa lalu, setiap datang seorang nabi kepada mereka, mereka meminta kepada nabi agar kiamat disegerakan. 

Itu dilakukan orang-orang dahulu, karena mereka mengira kiamat hanya terjadi pada mereka, (sebatas pada kampung atau kota mereka, tempat mereka hidup).

Kiamat terjadi atas kehendak Allah S.w.t, jika Dia telah menghendaki, jika setelah semua tanda-tanda yang disebutkan al quran maupun hadist benar nyata. Ketika itu Allah Swt akan menghancurkan kehidupan di alam ini , yang waktunya tidak dapat diketahui oleh siapa pun selain Allah Swt. 

Allah SWT telah berfirman Dalam;

Kiamat yakni pemusnahan dan penghancuran segala sesuatu ciptaan-nya, mulai dari matahari, bintang, gunung, lautan, Hingga langit-langit nya, yang akan dilipat seperti melipat buku. 

Allah Swt telah berfirman, Di dunia ini, tidak ada perkara besar, dan menakutkan yang melebihi perkara Akhir zaman (kiamat) dan kejadiannya. 

Allah S.w.t telah memberikan dan menjelaskan tanda-tanda terjadinya kiamat, sehingga manusia dapat mempersiapkan diri menghadapi kejadian dahsyat ini dan tidak ada lagi yang akan mengatakan, 'Sesungguhnya kami lupa dengan perkara ini, atau kami tidak mengetahuinya, atau belum datang kepada kami tanda tanda itu.

Allah SWT berfirman dalam;

Tanda-tanda kiamat yang telah terjadi makin menambah keyakinan seorang mukmin, sedangkan tanda-tanda yang belum terjadi merupakan sesuatu yang gaib dan hanya Allah S.w.t yang mengetahui.
 
Semua itu adalah rahmat Allah S.w.t untuk hamba-Nya, untuk menekankan betapa pentingnya iman pada yang gaib dan pentingnya arti ujian, serta cobaan hidup di dunia. 

Jika umpama sesuatu yang ghaib itu diperlihatkan, tentu hal ini akan bertentangan dengan sunah kehidupan. Manusia tidak mungkin dapat meneruskan kehidupannya karena mengetahui yang ghaib dengan akalnya yang terbatas.

Allah S.w.t lebih mengetahui kehendak-nya dan kekuatan-nya serta sebatas mana keadaan alam dan kehidupan di dalamnya. Allah S.w.t mengetahui apa-apa yang tidak dapat dijangkau oleh akal manusia. 

Di sekitar manusia, banyak hal yang ghaib sehingga akal tidak akan dapat menjangkaunya, Meskipun manusia mengkhususkan diri untuk mempelajari yang gaib, namun seperti roh tentu ia tidak akan dapat mengetahuinya. Allah S.w.t Maha mengetahui bahwa akal manusia tidak mungkin dapat mengetahui apa itu roh dan hakikatnya. 

Allah S.w.t berfirman dalam;

Kiamat merupakan perkara yang ghaib, Ilmu dan waktunya tidak diketahui manusia, kecuali para malaikat dan rasul yang diridai-Nya. 

Allah SWT berfirman dalam;

Malaikat jibril diperlihatkan oleh Allah S.w.t pada sebagian yang ghaib, karena sunah penciptaannya tidak menyembunyikan semua yang gaib kepadanya. Namun penampakan yang gaib kepada Jibril bukan berarti dia mengetahui semua yang gaib. 

Meskipun Jibril mengetahui sebagian yang gaib, dia tidak akan mengaku bahwa dialah yang menghendaki, Artinya, pengetahuannya terhadap sebagian yang gaib tidak berpengaruh kepada dirinya. 

Sementara jika manusia mengetahui yang ghaib, hal itu akan memengaruhi keberadaannya di dunia, yaitu untuk menerima ujian dan cobaan serta dapat memengaruhi kesucian hatinya. 

Selain itu, ujian tersebut juga dimaksudkan untuk mengetahui siapa yang menolong dirinya dan untuk beriman kepada-Nya, beriman pada yang gaib, serta taat dan beribadah kepadanya-Nya karena telah diberi akal untuk merenungkan nya Sesungguh nya apa yang telah difirmankan Allah SWT itu benar.

Kiamat itu hak (benar), hari perhitungan itu benar, keberadaan surga dan neraka itu juga benar. Dia telah bersumpah dengan semua yang hak tersebut. Mari merenungkan rahmat dan cintaNya kepada kita. Dia juga berharap agar hati kita tenang. Janganlah bimbang dan ragu terhadap kehendak-Nya.

Allah SWT berfirman dalam

kiamat dan kejadiannya yang disembunyikan dari manusia hanyalah perkara ujian, cobaan, dan untuk menjaga kebersihan hati serta mengetahui orang-orang yang beriman, kafir, benar, dan dusta. 

Oleh karna nya, kita harus mempersiapkan diri sebaik mungkin, untuk menghadapinya dengan amal saleh, taat, dan ber ibadah kepada Allah S.w.t

Sesungguhnya kiamat itu merupakan perkara yang sangat kuat kebenarannya. kepada orang-orang yang meragukan kedatangannya dan mengabaikan kejadian dahsyatnya hari itu, seperti orang yang berada dalam kesesatan yang sangat jauh dan kebodohan yang dalam. 

Allah SWT berfirman dalam 

Semoga dari penjelasan di atas, Dapat bermanfaat dan menambah keyakinan kita kepada sang kholiq. Jika terdapat salah-salah kata saya mohon maaf sebesar-besar nya, Dan jika terdapat kebenaran, Itu semata-mata datang nya hanya dari Allah Swt.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu kiamat dan Apa yang akan terjadi saat itu"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Mohon Maaf, jika Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk, J*di, P*rn*,SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

mungkin anda juga suka