Kisah Nabi idris As yang tetap ingin berada di surga

Kisah Nabi idris As yang tetap ingin berada di surga


nuansaislamiii - Nabi Idris As merupakan keturunan ke-6 dari Nabi Adam As, Nabi Idris AS adalah seorang dermawan dan yang mulia. Bahkan,beliau dianggap sebagai Uzairis, seorang pahlawan Mesir kuno. 


Disaat Ketika Nabi Muhammad Saw melakukan isra miraj, beliau berjumpa dengan Nabi Idris AS di langit ke-6 dan beliau memberi salam kepada Nabi Muhammad SAW.


Nabi Idris AS tak hanya memiliki sifat terpuji. Beliau juga dianugerahi ilmu pengetahuan yang luas oleh

Allah SWT. Nabi Idris AS adalah manusia pertama yang mengenalkan cara membaca, menulis, menjahit,

bercocok tanam, dan menjinakkan hewan.


Dengan ilmu dan pengetahuan nabi idris allaihisalam yang amat luas, Nabi Idris AS dimuliakan oleh kaumnya, terlebih para malaikat. 


Nabi idris meminta ingi dicabut nyawa nya kepada malaikat izrail


Suatu ketika, Nabi Idris AS dikunjungi oleh Malaikat Izrail saat itu, kemudian Nabi Idris Allaihisalam bertanya kepadanya


 "Wahai Malaikat Izrail. engkau datang kepadaku untuk mencabut nyawaku atau untuk menziarahiku? Tanya Nabi idris as


"Aku kemari untuk menziarahi mu atas izin Allah Swt" jawab Malaikat Izrail


"Wahai Malaikat Izrail aku memiliki permintaan kepadamu?" Tanya Nabi idris As 


"Permintaan apa itu? jawab Malaikat Izrail.


"Aku ingin engkau mencabut nyawaku, lalu menghidupkan aku kembali, Semoga setelah merasakan sakaratul maut, ibadahku kepada Allah SWT akan semakin bersungguh-sungguh" tanya Nabi idris as


Lalu Malaikat izrail merasa kaget dan tidak menyanggupi permintaan Nabi Idris AS, kecuali atas izin Allah SWT. 


Nabi Idris Allaihisallam memohon kepada Allah Swt, Atas izin Allah-Nya diperintahkan Malaikat izrail untuk mencabut nyawa Nabi Idris AS 


Malaikat Izrail menangis ketika melihat Nabi Idris AS di wafatkan, Ia memohon kepada Allah SWT, agar menghidupkan Nabi idris as kembali, Atas izin Allah SWT Nabi Idris AS pun dihidupkan kembali.


Malaikat zrail kemudian bertanya kepada Nabi Idris AS; "bagaimana rasanya sakaratul?"


"Rasanya sakaratul maut itu yakni seperti binatang yang dikuliti hidup hidup. Begitulah rasa sakaratul maut bahkan lebih seribu kali sakitnya". (Nabi Idris menjawab)


Nabi idris meminta ingin mengunjungi neraka


Nabi Idris Allaihisallam berkata; "Hai Malaikat Izrail, aku ada keinginan lagi dengan engkau"


"Keinginan apa itu?"jawab malaikat


"Aku ingin melihat bagaimana itu neraka, Semoga setelah melihatnya, ibadahku kepada Allah SWT semakin bersungguh-sunguh" Berkata Nabi idris


Malaikat Izrail kembali tidak menyangupi permintaan Nabi Idris As.


"Neraka yakni tempat penyiksaan untuk mereka yang selama hidupnya dibumi berbuat dosa. Sedangkan kamu (Nabi Idris AS) masih hidup dan tidak pernah melakukan dosa"Jawab malaikat izrail


Nabi Idris AS kembali memohon kepada Allah SWT agar diizinkan pergi ke alam neraka.


Atas izin Allah Swt diperintahkannya Malaikat Izrail untuk mencabut nyawa Nabi Idris AS, Setelah dicabut nyawa Nabi Idris AS, barulah Malaikat Izrail mengajak Nabi Idris AS melihat neraka. Allah SWT hanya mengizinkan Nabi Idris AS melihat neraka dari pintunya. Sebab, neraka bukanlah tempat yang diperuntukan bagi Nabi Idris AS dineraka.


Nabi Idris AS melihat segala macam siksaan yang ada. Allah SWT menyiksa hambanya yang tidak patuh kepadanya sewaktu di dunia.


Mereka disiksa amat mengerikan dan dengan belenggu rantai-rantai, lalu di cambuk, yang cambuknya terbuat dari api menyala.


Melihat hal itu Nabi Idris As sempat pingsan melihat siksaan di alam neraka yang begitu pedihnya, Setelah melihat neraka, Nabi Idris AS pun kembali dihidupkan oleh Allah SWT.


Nabi idris meminta ingin melihat surga


Setelah kembali hidup, Nabi Idris AS berkata kepada Malaikat Izrail; "Wahai Malaikat Izrail, aku sekarang

ingin melihat surga, Semoga setelah melihat nikmat surga, ibadahku kepada Allah SWT semakin bersungguh-sungguh"


"Bagaimana aku bisa membawamu ke surga? Surga adalah tempat bagi mereka yang semasa hidupnya menjalankan perintah Allah SWT. Sedangkan engkau masih hidup wahai idris" jawab Malaikat Izrail


Nabi Idris AS pun kembali memohon kepada Allah SWT agar diizinkan kesurga, Atas izin Allah SWT, diperintahkannya Malaikat Izrail untuk mencabut nyawa Nabi Idris AS kembali. 


Setelah di cabut nyawa Nabi Idris AS, barulah Malaikat Izrail mengajak Nabi Idris AS melihat surga. Namun Allah swt hanya mengizinkan Nabi Idris Allaihisallam melihat surga dari pintu surga. Sebab beliau belum diperkenankan masuk oleh Allah SWT, Maka Nabi Idris AS hanya melihat surga dari luar pintu surga, Nabi idris As melihat didalamnya nampak bermacam-macam nikmat. 


Di surga terdapat istana besar dengan taman yang sangat indah. Tamannya ditumbuhi pohon berbagai macam. Di pohon-pohon itu tumbuh buah-buahan yang beraneka warna dan terlihat lezat. Di taman itu, mengalirlah sebuah sungai dengan airnya yang sangat jernih. Terdapat pula sungai lain yang dialiri oleh susu. 


Nabi idris as kembali lagi ke surga untuk meminum air dari sungainya


Nabi Idris AS berkata; "Wahai Malaikat Izrail aku telah merasakan sakitnya sakaratul maut sampai tiga kali, dan Aku telah melihat neraka yang didalamnya terdapat bermacam-macam siksaan yang begitu luar biasa amat pedih. 


Maka, izinkanlah aku masuk surga. Aku ingin sekali meminum air surga dari sungai yang mengalir air jernih. Semoga dengan meminum air itu, hilang rasa sakit sakaratul maut di tenggorokanku ini. Semoga dengan nya meminum air surga, aku juga terhindar dari siksaan api neraka.


kemudian malaikat Izrail memohon kepada Allah SWT, agar Nabi Idris AS diizinkan masuk ke dalam surga. Dan atas izin-Nya, masuklah mereka berdua ke dalam surga, Di surga Nabi Idris AS meminum air dari Surga sampai Puas Setelah puas Nabi idris AS diajak  segera pulang. 


Nabi idris as tidak ingin kembali ke bumi


Sebelum pulang ke dunia, Nabi Idris AS sengaja meninggalkan sandalnya di pintu surga. Sesampainya di dunia Nabi Idris AS berkata kepada Malaikat Izrail; "Wahai Malaikat Izrail, sandalku rupanya tertinggal di pintu surga." 


Lalu Nabi idris AS diajak kembali oleh kesurga untuk mengambil sendalnya, namun tetapi ketika diajak kembali ke dunia Nabi Idris Allaihisalam menolak dan tak ingin pergi dari surga.


Kemudain Nabi Idris AS berkata kepada Allah SWT dan Malaikat Izrail; "Setiap manusia merasakan sakaratul maut sekali. Akan tetapi, aku merasakan sakaratul maut lebih dari tiga kali. Setiap orang ditakdirkan bakal masuk neraka atau surga Akan tetapi, aku telah mendatangi kedua tempat itu, Dan bagaimana jika aku dikeluarkan dari surga jadinya ini, sementara Allah SWT tidak akan mengeluarkan hambanya yang telah masuk surga untuk dikembalikan ke dunia.


Allah SWT akhirnya berfirman; "Wahai izrail, tinggalkaniah Idris. Sesungguhnya Aku telah menentukan idris sebagai penghuni surga sejak Zaman azali. Dan Sejak pada saat itu Nabi Idris allaihisalam dipersilahkan tinggal didalam surga hingga pada hari kiamat.


Semoga dari sepenggal kisah Nabi idris a.s, Dapat lebih menambah keyakinan kita kepada sang kholiq. Jika terdapat ada salah-salah kata saya mohon maaf sebesar-besar nya, Dan jika terdapat kebenaran di antaranya, Itu semata-mata datang nya hanya dari Allah Swt.


Belum ada Komentar untuk "Kisah Nabi idris As yang tetap ingin berada di surga"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Mohon Maaf, jika Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk, J*di, P*rn*,SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

mungkin anda juga suka