Pengertian agama islam

Apa itu agama islam



nuansaislamiii - Agama Islam itu adalah agama terakhir, atau (penyempurna) dari agama sebelumnya. Agama islam diturunkan allah swt, Melalui nabi muhamad s.a.w untuk menjadi pedoman hidup manusia di bumi


Sudut pandang islam dari Bahasa


Dari bahasa Islam sendiri memiliki beberapa arti. Dalam bahasa Arab Islam yaitu (mashdar) yang artinya  aslama yuslimu islaaman yang berarti taat, tunduk, patuh, berserah diri kepada Allah swt.


Sudut pandang islam dari kata


Jika dari sebutan kata, Islam bermakna 5 kata yakni; 

  1. (Assalmu) yang berarti damai atau perdamaian.
  2. (Aslama) yang berarti taat kepada allah S.w.t
  3. (Istaslama) yang berarti berserah diri kepada allah S.w.t
  4. (Saliim) yang berarti bersih dan suci. 
  5. (Salaam) yang berarti selamat, atau keselamatan. 

Sudut pandang islam didalam Al-quran


Jika Islam didalam Al-quran disebut sebagai agama, Hal ini telah di jelaskan dalam (Qs Al Maidah ayat 3) yang artinya; "Pada hari ini telah Aku sempurnakan untuk mu agamamu, dan telah aku cukupkan kepadamu nikmat Ku, dan telah Aku ridhai Islam itu jadi agama bagimu"


Lalu didalam (Qs Ali Imran ayat 9) yang artinya; "Sesungguhnya agama di sisi Allah swt hanyalah Islam"


Dan disebutkan pula didalam (Qs Ali Imran ayat 85) yang artinya; "Dan siapa saja yang mencari agama selain Islam, maka tidak akan diterima untuknya, dan dia kelak di akhirat termasuk orang-orang yang merugi"


Sudut pandang islam dari Hadist


Jika didalam Hadits Rasulullah saw pernah bersabda arti Islam. Dimana Hadits itu disebut  sebagai hadits Jibril. Karena pada saat itu, malaikat Jibril datang menemui Rasulullah saw dengan berwujud seorang laki-laki, Lalu Malaikat Jibril bertanya kepada Rasulullah dan meminta penjelasan nya tentang arti islam.


Dari Umar Radiallahuanhu ia berkata; "Ketika kami sedang duduk-duduk bersama dengan Rasulullah, tiba-tiba muncul seorang laki-laki yang memakai pakaian yang sangat putih, rambutnya begitu hitam, didalam dirinya sama sekali tidak terlihat tanda-tanda sebagai seorang musafir, akan tetapi tidak ada satu pun di antara kami yang mengenalnya.


Hingga pria itu duduk di dekat Rasulullah saw, Lalu Dia menempelkan lututnya ke lutut Rasulullah dan meletakkan telapak tangannya di atas paha Rasullulah.


Laki-laki tersebut berkata kepada rasullulah; "Wahai Muhammad jelaskan padaku tentang Islam?" 


Nabi muhamad saw; "Islam itu yakni engkau bersyahadat bahwasannya tiada yang berhak disembah kecuali Allah, dan Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan sholat, berpuasa, menunaikan zakat, berpuasa dibulan ramadhan, dan melaksanakan haji jika engkau mampu" (HR. Muslim)


Sudut pandang islam dari tokoh muslim dan ulama


Para ulama dan tokoh muslim juga menjelaskan pengertian tentang Islam, menurut pandangan mereka dan ijtihad


  • Dari (Umar bin Khattab) berkata; "Islam adalah agama yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad saw, agama islam yang meliputi akidah, syariat, dan akhlak.
  • Dari (Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah at Tawaijiri) berkata; "Islam yaitu sebuah penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah Swt, dengan cara mengesakan-Nya dan menjalankan syariat-syariat Nya dengan penuh ketaatan serta keikhlasan.
  • Dari (Muhammad bin Abdul Wahab) berkata; "Islam yaitu berserah diri kepada Allah Swt dengan mengesakan-Nya, patuh atau tunduk kepada Nya, dengan melaksanakan ketaatan serta melepas diri dari perbuatan syirik untuk para pelakunya.
  • Dari (Hasan Al Basri) berkata; "Islam yaitu kepasrahan hati kepada Allah Swt, Dan setiap muslim merasa selamat dari gangguan.
  • Dari (Mustafa Abdur Raziq) berkata; "Islam yaitu agama 'ad din', peraturan yang terdiri dari kepercayaan, dan pekerjaan yang taat dengan keadaan suci. Yang artinya "dapat membedakan mana yang halal dan haram, yang dapat membawa dan mendorong umat islam untuk memiliki rohani yang kuat".
  • Dari (Gaffar Ismail) berkata; Islam yaitu agama yang diajarkan oleh Rasullullah, yang mengandung kelengkapan dari pelajaran-pelajaran, meliputi kepercayaan, seremoni peribadatan, tata tertib penghidupan abadi, tata tertib pergaulan hidup, peraturan-peraturan Tuhan, bangunan budi pekerti yang utama dan menjelaskan rahasia kehidupan yang kedua yaitu akhirat.
  • Dari (Mahmud Syaltut) berkata; "Islam itu adalah agama Allah swt, yang diperintahkan untuk mengajarkannya, tentang pokok-pokok dan peraturan-peraturan kepada Nabi Muhammad dan menugaskannya untuk menyampaikan agama tersebut kepada seluruh umat manusia dan mengajak mereka untuk mempercayainya.


Semoga dari sedikit penjelasan di atas, dapat bermanfaat dan menambah keyakinan kita didalam memeluk agama islam. Jika terdapat salah-salah kata saya mohon maaf sebesar-besar nya, Dan jika terdapat kebenaran, Itu semata-mata datang nya hanya dari Allah Swt.


2 Komentar untuk "Pengertian agama islam"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Mohon Maaf, jika Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk, J*di, P*rn*,SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

mungkin anda juga suka