Menjalani hidup bahagia sesuai syariat islam


Menjalani hidup bahagia sesuai syariat islam

nuansaislamiii - Setiap manusia ingin memiliki kehidupan yang bahagia Dunia dan Akhirat, Semua insan manusia pantas mendapatkan kebahagiaan tersebut, 


Kebahagiaan dalam kehidupan tentunya menjadi idaman semua orang termasuk umat Islam. Hidup yang bahagia menjadi salah satu tujuan hidup terbesar setiap manusia. 


Mereka selalu berlomba-lomba mencapai kebahagiaan melalui harta, karir, ataupun keluarga.


Namun tak banyak orang yang menyadari bahwa kebahagiaan sebenarnya berasal dari hati. 

Hatilah yang dapat menentukan bahagia atau tidaknya seseorang, sebagaimana telah disabdakan Rasulullah


(HR. Abu Yahya) yang artinya:


“Sungguh sangat mengherankan urusan seorang mukmin. Sesungguhnya segala urusan baginya memberikan kebaikan, ini tidak dimiliki oleh seorang pun melainkan oleh diri nya sendiri"


"Bila mendapatkan harta atau kesuksesan selalu bersyukur maka jadilah itu kebaikan baginya, dan bila mendapatkan penderitaan, dia selalu bersabar dan itu pun menjadi kebaikan baginya.”


Berbagai cobaan dan rintangan seolah membuat kehidupan di dunia ini terasa sangat menyiksa. 


Dan berikut ini beberapa cara menjalankan hidup agar dalam hidup ini mendapat kebahagian dunia dan akhirat, sesuai syariat islam.

1.Selalu Bersyukur

Dengan pandai bersyukur maka Allah swt akan menambahkan nikmat dan rahmat untuk kita, jangan iri dengan apa orang lain punya, Sukuri saja apa yang sekarang telah kita miliki.


2. jangan membanding-bandingkan diri


Jangan pernah membandingkan Diri dengan orang lain, Biarkan segalanya berjalan senatural mungkin. Sebab kita bukanlah mereka, begitupun sebalik nya.


Allah berfirman dalam surat (An-Nisa ayat 32) yang artinya:


“Janganlah kalian mengharapkan Karunia Allah yang terdapat pada orang lain” 


3. Hidup Sederhana


Dengan melakukan yang terbaik dan sesuai dengan syariat Islam, hidup pun akan lebih terasa bahagia.

Yang membuat hidup menderita bukanlah kebutuhan hidup, melainkan gaya hidup yang tidak sebanding dengan kehidupan kita.


4. Jangan Menyimpan Dendam


Dendam adalah hal terbesar dan akan selalu menjadi beban terberat dibdalam hati jika membawanya sepanjang hidup itu akan membuat hidup tidak bahagia? 

Jangan biarkan dalam hidup mu menyimpan dendam yang tidak ada manfaatnya, Lupakan lah dendam yang ada di dalam hati mu 


5. Mengerjakan Ibadah kepada Allah ta'ala


Setiap manusia yang berpegang teguh pada ajaran Islam, tentu hidupnya akan jauh lebih bahagia , Di bandingkan mereka yang lalai akan ibadah nya.


(QS. Al a'raaf ayat 170) yang artinya:


"Dan orang-orang yang berpegang teguh dengan Al Kitab (Taurat) serta mendirikan shalat (akan diberi pahala) karena sesungguhnya Kami tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengadakan perbaikan” 

6. Ikhlas

Ikhlas dengan apa yang telah Allah SWT tentukan untuk dirimu. jangan selalu menyalahkan keadaan yang ada, Sebagaimana firman Allah


( Q.S. At-Taubah ayat 59) yang artinya:


"Jikalau mereka sungguh-sungguh ridha dengan apa yang diberikan Allah dan Rasul-Nya kepada mereka, dan berkata: “Cukuplah Allah bagi kami, Allah akan memberikan sebagian dari karunia-Nya dan demikian (pula) Rasul-Nya, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berharap kepada Allah.” tentulah yang demikian itu lebih baik bagi mereka).” 


7. Bertaubat


Dengan bertobat membuat hati semakin terasa bahagia , mekakui keesalahan yang pernah dilakukan , dan bertaubat kepada allah.


Sesuai firman Allah (QS Al An’aam ayat 54) yang artinya:


”Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami itu datang kepadamu, maka katakanlah:

“Salaamun alaikum. Tuhanmu telah menetapkan atas diri Nya kasih sayang. 


Barang siapa yang berbuat kejahatan di antara kamu lantaran kejahilan, kemudian ia bertaubat setelah mengerjakannya dan mengadakan perbaikan, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” 


8. Berpuasa


Rasulullah telah bersabda dari (HR Ahmad No 4036) yang artinya:


“Sesungguhnya Allah ‘azza wajalla melipatgandakan satu kebaikan anak Adam menjadi sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat kecuali puasa. 

Puasa adalah untuk-Ku dan Akulah yang membalasnya. Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan, kebahagiaan ketika berbuka dan kebahagiaan pada hari kiamat. Dan bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada wewangian misik” 


10. Tetap Berprasangka Baik Kepada Allah SWT


Berpikir positif bahwa kita berada di jalan yang benar karena Allah selalu memberikan kebaikan. Dari (Anas ra ) sesungguhnya Rasulullah masuk untuk menemui seorang pemuda yang sedang sakaratul maut, maka Rasulullah SAW bersabda,


(HR. at-Tirmidzi) yang artinya:


“Bagaimana keadaanmu?” Pemuda itu berkata “Ya Rasulullah, aku mengharapkan rahmat Allah dan aku sangat takut akan dosaku ?


Dan Rasulullah bersabda ( Hr. Ibnu Majah)  yang artinya:


“Tidaklah takut dan roja berkumpul dalam hati seorang hamba dalam keadaan seperti ini kecuali Allah akan memberikan kepadanya apa-apa yang diharapkannya dan akan memberikan keamanan kepadanya dari perkara yang ditakutinya”


Semoga dari penjelasan di atas, Dapat bermanfaat dan membuat hidup kita lebih bahagia. Jika terdapat salah-salah kata saya mohon maaf sebesar-besar nya, Dan jika terdapat kebenaran, Itu semata-mata datang nya hanya dari Allah Swt.

Belum ada Komentar untuk "Menjalani hidup bahagia sesuai syariat islam"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Mohon Maaf, jika Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk, J*di, P*rn*,SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

mungkin anda juga suka