Kisah nabi yahya dan kematian nya karena hukuman penggal oleh raja herodes

Kisah nabi yahya dan kematian nya karena hukuman penggal oleh raja herodes

nuansaislamiii - Nabi Yahya As adalah nabi dan rasul yang ke-23, Allah SWT telah mengisahkan kehidupan nabi Yahya As dan hikmahnya didalam (Qs Maryam) Allah berfirman Nabi Yahya as seorang anak yang didik baik sejak kecil, dan nabi yahya As terpelihara dari perbuatan syirik dan maksiat.


KELAHIRAN NABI YAHYA


Nabi Yahya lahir pada tahun 7 Sebelum Masehi, Ada pula yang menyebutkan ia lahir Sebelum 1 Masehi, Dari beberapa riwayat menyebutkan, Nabi Yahya as dilahirkan sebelum kelahiran Nabi Isa AS, yang mana ia lahir berjarak tiga bulan ia merupakan anak satu-satunya Nabi Zakaria as. Ibunya bernama Isya adalah saudara wanita Hannah istri Imran, ibunya Maryam.


Nabi Yahya as adalah anak Nabi Zakaria AS yang dinanti-nanti kelahirannya, Pada masa tua Nabi Zakariya & istrinya berdoa kepada allah Swt agar diberi keturunan karena mereka belum juga dikarunia anak, sebab istri nabi zakaria mandul, dengan ketulusan dan kesungguhan memohon, Allah swt mengabulkan doa mereka.


Allah berfirman dalam (Qs maryam ayat 7) yang artinya; "Wahai Zakaria! Kami memberi kabar gembira kepadamu dengan seorang anak laki-laki namanya Yahya, yang Kami belum pernah memberikan nama seperti itu sebelumnya"


NABI YAHYA PADA SAAT KANAK-KANAK


Disaat Nabi Yahya As kanak-kanak ia tumbuh menjadi anak yang cerdas, perilakunya baik, dan pandai menahan hawa nafsu, sesuai firman allah (Qs. Ali Imran ayat 39) yang artinya; "Allah menyampaikan kabar gembira kepadamu dengan (kelahiran) Yahya, yang membenarkan sebuah kalimat (firman) dari Allah, panutan, berkemampuan menahan diri (dari hawa nafsu) dan seorang nabi di antara orang-orang saleh," 


Nabi Yahya as dikenal sebagai orang yang sangat menyayangi binatang. Suatu hari, Nabi Yahya pernah menegur teman-temannya yang menyiksa seekor burung, Lalu ia meminta teman-temannya untuk melepaskan burung itu.


sesuai firman allah (Qs. Maryam ayat 13-14) yang artinya; "Dan Kami berikan hikmah kepadanya (Yahya) selagi dia masih kanak-kanak, dan (Kami jadikan) rasa kasih sayang (kepada sesama) dari Kami dan bersih (dari dosa). Dan dia pun seorang yang bertakwa, dan sangat berbakti kepada kedua orang tuanya, dan dia bukan orang yang sombong (bukan pula) orang yang durhaka,"


NABI YAHYA BERANJAK DEWASA


Ketika Nabi Yahya as telah dewasa ia diangkat Allah swt. menjadi nabi pada tahun 27 M. berdakwah mengikuti ayahnya yaitu Nabi Zakaria as yang menyeru kebenaran untuk tidak berbuat maksiat pada kaum Bani Israil, dan para pemimpin Bani Israil yang melanggar hukum Taurat, Nabi Yahya as menyuruh orang-orang yang bertobat dengan mandi di sungai Jordan atau asy-Syari'ah. Mandi ini disebut sebagai mandi besar agar menyucikan diri. Dalam ajaran agama Kristen mandi ini disebut dengan pembaptisan, ia juga dijuluki Al-Ma‘madan


NABI YAHYA DIBUNUH RAJA HERODES


Nabi Yahya as hidup pada masa Yerusalem berasa  yang dibawah kekuasaan kekaisaran Romawi (4 SM - 39 M) dan Herodes adalah sebagai penguasanya.


Raja Herodes tidak menyukai kehadiran Nabi Yahya & Nabi zakaria, mereka  menyiarkan agama Allah swt dengan baik dan membuat Bani Israil berpaling dari Raja Herodes.


Suatu ketika raja herodes memanggil Nabi Yahya as untuk meminta pendapat, ia ingin menikahi wanita yang tidak halal baginya,(Putri Herodia), Sebagian menyebut wanita ini adalah anak tiri, dan sebagian lain menyebut perempuan ini keponakan Raja Herodes sendiri


Lalu Nabi Yahya as dengan tegas mengatakan pada raja herodes, bahwa pernikahan itu dilarang, Dan Allah Swt akan mengazab pernikahan yang dilarang itu.


Mendengar hal itu Raja Herodes marah dan tidak terima perkataan Nabi Yahya as. ia memenjarakan nabi yahya as, Lalu Putri Herodia meminta agar Herodes menghukum Nabi Yahya dengan hukuman penggal, Lalu Raja Herodus menyetujui permintaan Putri Herodia tersebut. 


Raja Herodes juga ingin membunuh Nabi Zakaria as akan tetapi dengan kuasa Allah Swt ia bersembunyi di dalam sebuah pohon, Hingga para utusan raja herodes yang mencari Nabi Zakaria mengira ia memiliki sihir, namun ketika para utusan herodes membelah pohon dimana nabi zakaria bersembunyi, ia telah meninggal.


Nabi Yahya as dibunuh saat masih berusia sangat muda yakni 32 tahun, namun Allah swt menjanjikan kesejahteraan Nabi Yahya as, hal ini sesuai firman allah (Qs. Maryam ayat 15) yang artinya;"Dan kesejahteraan bagi dirinya pada hari lahirnya, pada hari wafatnya, dan pada hari dia dibangkitkan hidup kembali" 


Dan Allah swt mengazab Raja Herodes dan para pengikutnya, hal ini juga sesuai firman allah (Qs.Ali-Imran ayat 21) yang artinya; "Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa hak (alasan yang benar) dan membunuh orang-orang yang menyuruh manusia berbuat adil, sampaikanlah kepada mereka kabar gembira yaitu azab yang pedih" 


Semoga dari kisah nabi yahya dapat bermanfaat, dan jika terdapat salah-salah kata saya mohon maaf sebesar-besarnya, dan jika terdapat kebenaran diantaranya itu karana allah swt

Belum ada Komentar untuk "Kisah nabi yahya dan kematian nya karena hukuman penggal oleh raja herodes"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Mohon Maaf, jika Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk, J*di, P*rn*,SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

mungkin anda juga suka