Tingkatan surga berikut golongan penghuni nya

Tingkatan surga berikut golongan penghuni nya




nuansaislamiii - Surga Bahasa arab yaitu (Jannah) Surga sendiri adalah suatu tempat alam akhirat yang penuh dengan segala macam kenikmatan dan kesenangan. Allah Swt menjadikan tempat ini bagi hamba hamba Nya yang takwa.


Allah berfirman (QS. As-Sajdah: 17) yang arti nya:


"Aku sediakan bagi hamba-Ku yang soleh berbagai kenikmatan yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga dan tidak pernah terbetik dalam benak manusia.


Kalau kalian mau, bacalah, ‘Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan"


 1. Surga Firdaus


Surga Firdaus yang diciptakan oleh Allah swt terbuat dari emas.


Dan telah di jelaskan bagaimana calon penghuninya


(QS. al-Mu'minun:1-11) yang artinya:


“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. (Yaitu) orang-orang yang khusyu dalam shalatnya.

Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna. Dan orang-orang yang menunaikan zakat.


Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya. Kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.


Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas, Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat  yang dipikulnya dan janjinya.


Dan orang-orang yang memelihara sholatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi. Yakni yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya”. 


2. Surga ‘Adn


Surga ‘Adn diciptakan oleh Allah swt dari intan putih. Calon penghuni Surga ‘Adn antara lain orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah dan berbuat kebaikan. Allah SWT berfirman


(QS. Al Bayyinah: 7-8) yang artinya:


“Sungguh, orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga ’Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya.


Allah ridha terhadap mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya”.


3. Surga Na’im


Surga Na’im diciptakan oleh Allah swt dari perak putih.


Calon penghuninya adalah orang-orang yang benar-benar bertakwa dan beramal saleh. Sebagaimana firman Allah SWT.


(QS. Al-Qalam: 34) yang artinya:


“Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertakwa (disediakan) surga-surga yang penuh kenikmatan di sisi Tuhannya.” 


(QS. Luqman :8)


“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan” 


4. Surga Ma’wa


Surga Ma’wa diciptakan oleh Allah swt dari zamrud hijau. Calon penghuninya adalah orang-orang yang benar-benar beriman dan beramal saleh.


Allah swt berfirman yang artinya:

  • (QS. As-Sajdah:19)

“Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, maka bagi mereka surga-surga tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”

  •  (QS. An-Nazi’at:40-41)

"Orang-orang yang takut pada kebesaran Allah swt dan menahan diri dari hawa nafsu buruk. “Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya. maka sesungguhnya syurgalah tempat tinggal (nya).”


5. Surga Darussalam


Surga Darussalam diciptakan oleh Allah swt dari yakut merah. Calon penghuninya adalah orang-orang yang kuat iman dan Islamnya, mengamalkannya ayat-ayat Alquran dalam kehidupan sehari-hari serta mengerjakan amal saleh lainnya karena Allah.


Allah berfirman (QS. Al-An'am:127) yang artinya:


“Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan.”


6. Surga Darul Muqamah


Surga Darul Muqamah diciptakan oleh Allah swt dari permata putih. Calon penghuninya adalah orang-orang yang melakukan banyak kebaikan. 


Allah SWT berfirman (QS. Fathir :34-35) yaitu artinya:


“Dan mereka berkata:" Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu "


7. Surga Al Maqaamul


Surga Al Maqaamul adalah surga yang diciptakan oleh Allah swt dari emas. Calon penghuninya adalah orang-orang yang sangat beriman (muttaqien), yaitu yang benar-benar bertakwa kepada Allah SWT.


Allah berfirman (QS. Ad-Dukhan:51) Yaitu aritnya: 


“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam tempat yang aman.” 


8.Surga Khuldi


Surga Khuldi adalah surga yang diciptakan Allah swt dari marjan merah dan kuning. Calon penghuninya adalah orang-orang yang taat menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Allah Berfirman


(QS. Al-Furqan:15)yaitu artinya :


“Katakanlah:" Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa? Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka.” 


Menurut hadits yang di riwayatkan oleh Ibnu Abbas r.a, surga memiliki 8 pintu dari emas yang ditaburi mutiara.


Pintu-pintu Surga(Jannah)


1. Pintu untuk para Nabi, Rasul, syuhada, dan dermawan. 


2. Pintu bagi orang-orang yang mendirikan sholat  dengan menyempurnakan syarat rukun, dan wudhunya.


3. Pintu buat orang-orang yang mengeluarkan zakat dengan kebersihan jiwa. 


4. Pintu untuk orang-orang yang memerintah kebaikan dan melarang kemungkaran

5. Pintu orang-orang yang mencegah hawa nafsu dan kesyahwatan.


6. Pintu buat orang-orang yang menunaikan ibadah Haji dan umrah.

 

7. Pintu bagi para ahli Jihad "berjuang menegakkan agama Allah"


8. Pintu bagi orang-orang yang bertakwa, berbakti kepada orang tua, dan menyambung tali persaudaraan. 


Semoga kita termasuk Hamba-hamba Allah penghuni surga, Amin. Semoga Artikel ini dapat Bermanfaat, Dan dapat menambah keyakinan kita kepada sang kholiq. 


Jika terdapat salah-salah kata saya mohon maaf sebesar" nya , Dan jika terdapat kebenaran, Itu semata-mata datang nya hanya dari Allah swt.

2 Komentar untuk "Tingkatan surga berikut golongan penghuni nya"

  1. Mengingatkan waktu ngaji dulu... Semoga aja kita semua masuk surga dan untuk itu kita harus berjuang agar pantas 😁 Btw terus update artikel islami nya gan 👍

    BalasHapus
  2. Amin ..
    Trimakasih gan Insaallah selalu update

    BalasHapus
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Mohon Maaf, jika Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk, J*di, P*rn*,SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

mungkin anda juga suka